Ini Dia Cara Mudah Mengatur Karburator Motor Agar Menjadi Irit

0

8670216_20171231092730

Suku cadang dalam sebuah motor memang terbilang banyak sekali dan masing-masingnya haruslah diperhatikan agar kondisi motor selalu baik dan juga bisa bekerja secara maksimal. Salah satu yang harus diperhatikan adalah karburator motor yang berguna sebagai pengabut atau yang biasa digunakan untuk mencampur bensin ke dalam udara yang datang dan menuju ke mesin motor tersebut. Mesin ini bekerja dengan secara mekanis menggunakan sistem vakum. Di dalamnya, ada terdapat dua sekrup untuk menyetel atau mengatur udara dan juga gas. Untuk Anda yang ingin mengirit dengan mengatur alat ini sendiri dapat mengikuti cara dibawah ini:

  1. Hidupkan Mesin

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatur atau menyetel alat ini adalah dengan menghidupkan mesinnya. hal ini dikarenakan penyetelan hanya dapat dilakukan ketika mesin atau alat tersebut sedang menyala dan bekerja. Jadi, jika Anda hendak mengatur alat tersebut secara sendiri dengan baik dan benar tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membawanya ke bengkel adalah membiarkan alat tersebut bekerja terlebih dahulu dengan menghidupkan mesin motor.

     2. Putar Sekrup Gas ke Kanan

Setelah mesin menyala dan alat tersebut bekerja, Anda bisa mengatur sekrup gas dengan memutarnya ke arah kanan atau yang satu arah dengan putaran jarum jam dengan menggunakan obeng berbentuk (-) sebanyak satu setengah sampai dua putaran. Jika tidak memiliki peralatan atau obeng tersebut secara lengkap, Anda bisa mendapatkannya dengan mencarinya di beberapa toko online terpercaya atau melihat situs belanja online menggunakan ponsel atau komputer Anda. Dengan memutarnya, sekrup tersebut akan semakin masuk ke karburator motor dan akan menekan katup gas yang memiliki bentuk trapesium. Hal ini akan mengakibatkan katup gas tersebut jadi terbuka dan RPM mesin pun akan semakin tinggi.

     3. Tutup Sekrup Angin

Setelah melakukan cara diatas, maka RPM pun akan naik hingga diatas 1.500 RPM. Setelah itu tutuplah sekrup untuk mengatur angin dengan cara memutar searah dengan jarum jam atau ke kanan. Dengan ini, maka Anda akan menutup saluran udara yang sedang mengalir menuju mesin. Jika saluran yang ini tertutup, RPM akan semakin berkurang serta mesin pun akan terasa berat, dan hal ini pun wajar terjadi karena pada saat tersebut udara yang masuk sangat kurang. Perhatikanlah, jangan sampai mesin motor mati, jika saluran tersebut belum tertutup dan mesin menunjukkan tanda-tanda akan mati, segera hentikan putaran sekrup tersebut.

     4. Buka Sekrup Angin hingga RPM Tertinggi

Setelah itu, Anda bisa menggunakan obeng yang sudah dibeli dari situs jual beli online untuk memutar sekrup pengatur udara ke kiri. Dengan ini, maka saluran udara yang sebelumnya tertutup pun akan terbuka dan membuat RPM langsung naik. Jangan putar hingga sekrup tersebut lepas karena inilah proses yang sangat penting. Disini, Anda harus menggunakan intuisi Anda untuk merasakan titik dari RPM tersebut kapan akan muncul.

      5. Turunkan Pengatur Gas

Langkah terakhir dalam pengaturan karburator motor adalah jika sekrup udara sudah benar, maka aturlah RPM dengan menyetel sekrup gas. Putarlah sekrup ini ke kiri sampai mencapai RPM yang Anda inginkan. Biasanya, orang-orang akan memutar sampai 900 hingga 1000 RPM yang merupakan standar untuk sebuah motor. Setelah selesai melakukan semuanya, cobalah mengetes motor Anda. Matikan dahulu mesinnya dan hidupkan kembali dengan menggunakan electric starter. Setelah itu mesin pun akan hidup. Jika sulit hidup, periksalah bagian lain misalnya busi.

Leave a Reply

IBX593117960F0AC
© 2018 GecoPower.Com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.