4 Bisnis Sosial Kawasan Perumahan di Bandung yang Mudah Sukses

0

Sejak era kapitalisme perlahan mundur, berbagai bisnis sosial seputar kawasan perumahan di Bandung bagai magnet besar. Ide awal bisnis sosial memang berangkat dari kalangan bawah. Berada di kalangan menengah-bawah tentu bukanlah halangan. Anda pun bisa sukses saat menjalankan 4 bisnis sosial ini di Bandung.

021230300_1441692927-online_shopping

  1. Kerajinan Tangan dari Sampah

Bandung saat ini bukanlah Bandung pada masa puluhan tahun ke belakang. Dulu, Bandung didominasi oleh sektor pertanian. Mungkin karena kawasannya sangat strategis. Tidak jauh pula dengan ibukota Indonesia. Maka sektornya berubah jadi kota industri.

Sebagaimana kota industri lain, efek sebagian besar berpengaruh terhadap penumpukan sampah di mana-mana. Dalam rangka membangun Bandung jadi kota yang bersih dan maju, bisnis sosial dengan format daur-ulang sampah pun menarik banyak minat. Banyak sekali produk yang bisa dihasilkan.

Bisnis ini bisa Anda kerjakan sendiri. Bisa pula bersama tetangga. Berapa modal yang dikeluarkan? Sangat kecil, bahkan bisa jadi tanpa modal. Sebab, bahan-bahannya mudah sekali didapatkan. Tinggal bagaimana sentuhan kreativitas Anda mengubah sampah jadi benda bernilai.

Pasar untuk memasarkan produk hasil bisnis sosial ini sangat luas. Soalnya sampah bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan. Seperti mainan, wadah, aksesori, dan sebagainya. Bisa pula dengan memasarkan via online yang saat ini tengah banyak dibicarakan.

  1. Hijab

Bagi wanita muslimah, pemakaian hijab menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Sebagai warga Indonesia yang didominasi oleh Islam, bisnis pembuatan hijab sangat berhasil. Bisnis ini bisa dikerjakan sendiri maupun oleh tim. Keuntungannya tidak perlu diragukan.

Mengingat produk hijab sama dengan produk berbasis kain lainnya. Tidak mudah kedaluwarsa seperti makanan. Maka, bisa didistribusikan seluas mungkin dalam jumlah banyak. Modal yang dikeluarkan cukup kecil. Sebab, lebar kain yang dibutuhkan tergolong minim. Tidak seperti baju dan celana.

Untuk merekrut rekan kerja baru tidaklah sulit. Sebab, berdasarkan survei, mayoritas manusia, terutama wanita itu berkemampuan menjahit. Bahkan seseorang yang lemah kemampuan fisiknya bisa menjadi penjahit hijab. Misalnya di kalangan manula.

Itulah kenapa bisnis hijab di Bandung merupakan bisnis sosial yang sangat potensial. Dari segi apa pun. Banyak pelaku usaha di bidang ini yang semula masih kecil, sekarang sudah mampu mengekspor ke luar negeri. Apakah Anda berminat menekuni bidang ini di Bandung?

  1. Keset

Modal yang dikeluarkan untuk melancarkan bisnis keset sangat kecil. Sebab, bahannya mudah sekali didapatkan. Terutama karena kota sekarang banyak diisi pengusaha di bidang tekstil dan pakaian. Jadi kemungkinan besar, banyak kain sisa yang tak terpakai dan kemungkinan jadi sampah bila tak digunakan.

Untuk itulah dibutuhkan pikiran kreatif agar bisa mengubah kain sisa jadi barang yang bisa dimanfaatkan. Seperti keset ini. Bahan yang kemungkinan besar tidak akan habis membuat geliat pelaku usaha keset di Bandung banyak mendapat omset yang melampaui harapan mereka.

Tidak perlu membuat tempat khusus, misalnya di kawasan elit. Cukup dengan bermodal beli perumahan di Bandung, Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Tidak perlu pula kantor yang bagus. Cukup dengan bermodal sebuah ruangan, Anda sudah bisa berkreasi. Tapi lebih baik ada gudangnya, ya.

Kemudian komunikasikan dengan orang-orang sekitar. Masih banyak warga Bandung yang belum dapat pekerjaan. Kesempatan ini bisa Anda ambil. Berangkat dari kecil, siapa tahu kemudian hari Anda bisa mengikuti jejak pengusaha keset yang sudah lebih terkenal.

Selain itu, secara tidak langsung, Anda juga telah membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Karena ini merupakan bisnis usaha kecil, jangan bebankan saat proses perekrutan anggota baru dengan standar lulusan sekolah, ya. Di sini yang bermain itu kreativitas. Jadi nilailah berdasarkan itu saja.

  1. Bisnis Batik

Bisnis batik masih jadi wilayah potensial. Sebab, semakin hari, daya minat orang-orang dunia mulai tertuju pada produk batik di Indonesia. Kesempatan ini sangat terbuka, khususnya untuk Anda yang tinggal di Bandung. Kenapa Bandung? Karena memang surganya orang-orang kreatif.

Terutama di bidang seni. Maka, tak heran ketika Anda jalan-jalan ke Bandung akan banyak mendapati produk khas dan sulit didapat di daerah lain. Walikota Ridwan Kamil menyebut Bandung sebagai pusat orang-orang yang nyeleneh. Tetapi tetap memegang prinsip-prinsip nilai estetika.

Untuk menjalankan bisnis batik, Anda hanya membutuhkan orang-orang kreatif. Umumnya usaha ini bisa dikerjakan di rumahan. Sebab tergolong bisnis kecil-menengah. Tapi kalau sudah berkembang, tidak ada salahnya Anda membangun CV agar tampak profesional.

Bahkan ada cerita unik yang datang dari Bandung. Namanya Tetet Cahyati. Dia merupakan pelopor batik abstrak di Bandung yang produk-produknya telah mendunia. Pada era modern, seni batik memang telah begitu berwarna. Tidak hanya motif-motif lama saja. Tetapi bisa dikreasikan jadi lebih moderen.

Bisnis batik bisa dijalankan oleh siapa saja. Bahkan orang yang tidak punya kaki pun bisa membatik dan berkreasi. Sebab, ia masih punya tangan. Untuk itulah kalau bisnis Anda sudah sukses, mencari karyawan baru sangat mudah. Sebab, semua orang bisa melakukannya. Asalkan sabar saja.

Itulah kenapa perumahan di Bandung banyak yang meminati. Sebagian besar orang Bandung tidak berpikir bagaimana cara menjadi karyawan. Tetapi mereka berpikir bagaimana caranya menjalankan usaha sendiri dan memiliki karyawan. Dengan begitu, tidak heran kalau Bandung menjadi kota yang kemajuannya sangat pesat.

 

Leave a Reply

IBX593117960F0AC
© 2017 GecoPower.Com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.